Tidak jarang
konsumen membeli produk yang tidak termasuk dalam daftar belanja mereka. Hal ini karena kemasan didesain lebih menarik dengan memperhatikan bagian-bagian yang
bisa membuat konsumen penasaran dan ingin mencoba produk tersebut. Sehingga bisa
disimpulkan bahwa kemasan dapat mempengaruhi psikologi konsumen, yang tadinya
konsumen tidak sedang membutuhkan produk tersebut malah jadi membelinya. Apa
saja factor pada desain kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen?
Warna kemasan
Pemilihan warna
kemasan yang sesuai dengan target pasar bisa menjadi sangat efektif sebagai
daya tarik. Misalnya menggunakan warna yang terang untuk produk makanan yang
dikonsumsi oleh anak-anak adalah langkah yang tepat karena sesuai dengan
krakteristik target pasar Anda.
Bentuk kemasan produk
Kebanyakan
kemasan dibuat monoton sehingga memungkinkan kosnumen untuk memilih produk
lainnya. namun jika kemasan dibuat dengan bentuk yang tidak seperti biasanya konsumen
yang melihat akan tertarik untuk mencoba. Misalnya seperti kemasan makanan Kinder
Joy, jika bisanya coklat berbentuk candy bar, produk coklat yang berisi mainan
ini berbentuk seperti telur. Kemasan ini bertujuan untuk mengemas coklat yang
berisi mainan bongkar pasang sehingga dibuat seperti kapsul.
Gambar pada kemasan
Banyak
pengusaha beranggapan dengan menyertakan logo saja sudah cukup untuk kemasan. Namun
nyatanya gambar yang sesuai dengan produk juga diperlukan untuk menarik
konsumen. Kami berikan contoh lagi menggunakan produk dengan kosnumen
anak-anak, penyertaan gambar karakter kartun dapat mempengaruhi penjualan
produk mereka karena produk akan lebih mudah diingat oleh anak-anak.
Bahan kemasan
Hal lainnya pada
kemasan yang dapat mempengaruhi pisikologi konsumen adalah bahan kemasan. Kami beri
contoh kemasan snack makanan ringan kripik kentang Pringles yang menggunakan bahan kemasan tabung
almunium foil. Kemasan ini dapat mempengaruhi konsumen untuk membelinya karena
dinilai lebih higenis dan dapat mempermudah konsumen saat mengkonsumsinya.
Nah, jika
Anda ingin kemasan produk Anda menarik perhatian konsumen pertimbangkan beberpa
faktor yang bisa mempengaruhi psikologi konsumen di atas agar produk Anda lebih
menonjol dari produk pesaing Anda. Selamat mencoba.
Maaf kak dijudul 5 faktor tapi pas saya baca hanya 4 saja
BalasHapus