5 Faktor pada Desain Kemasan Produk yang Dapat Mempengaruhi Psikologi Konsumen

Tidak jarang konsumen membeli produk yang tidak termasuk dalam daftar belanja mereka. Hal ini karena kemasan didesain lebih menarik dengan memperhatikan bagian-bagian yang bisa membuat konsumen penasaran dan ingin mencoba produk tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kemasan dapat mempengaruhi psikologi konsumen, yang tadinya konsumen tidak sedang membutuhkan produk tersebut malah jadi membelinya. Apa saja factor pada desain kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen?


Warna kemasan
Pemilihan warna kemasan yang sesuai dengan target pasar bisa menjadi sangat efektif sebagai daya tarik. Misalnya menggunakan warna yang terang untuk produk makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak adalah langkah yang tepat karena sesuai dengan krakteristik target pasar Anda.

Kebanyakan kemasan dibuat monoton sehingga memungkinkan kosnumen untuk memilih produk lainnya. namun jika kemasan dibuat dengan bentuk yang tidak seperti biasanya konsumen yang melihat akan tertarik untuk mencoba. Misalnya seperti kemasan makanan Kinder Joy, jika bisanya coklat berbentuk candy bar, produk coklat yang berisi mainan ini berbentuk seperti telur. Kemasan ini bertujuan untuk mengemas coklat yang berisi mainan bongkar pasang sehingga dibuat seperti kapsul.
Gambar pada kemasan
Banyak pengusaha beranggapan dengan menyertakan logo saja sudah cukup untuk kemasan. Namun nyatanya gambar yang sesuai dengan produk juga diperlukan untuk menarik konsumen. Kami berikan contoh lagi menggunakan produk dengan kosnumen anak-anak, penyertaan gambar karakter kartun dapat mempengaruhi penjualan produk mereka karena produk akan lebih mudah diingat oleh anak-anak.
Bahan kemasan
Hal lainnya pada kemasan yang dapat mempengaruhi pisikologi konsumen adalah bahan kemasan. Kami beri contoh kemasan snack makanan ringan kripik kentang Pringles yang menggunakan bahan kemasan tabung almunium foil. Kemasan ini dapat mempengaruhi konsumen untuk membelinya karena dinilai lebih higenis dan dapat mempermudah konsumen saat mengkonsumsinya.
Nah, jika Anda ingin kemasan produk Anda menarik perhatian konsumen pertimbangkan beberpa faktor yang bisa mempengaruhi psikologi konsumen di atas agar produk Anda lebih menonjol dari produk pesaing Anda. Selamat mencoba.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "5 Faktor pada Desain Kemasan Produk yang Dapat Mempengaruhi Psikologi Konsumen "